Selasa, 26 Agustus 2014

Berlibur

Tahun ini akhirnya aku ada kesempatan ke Samarinda.
2 minggu setelah lebaran (15-19 August 2014), aku solo trip ke Samarinda.

Ok sedikit bercerita, Samarinda menurut aku adalah kota kelahiranku (walaupun aku lahir di Jakarta). Sudah 7 tahun sejak sekitar 2007 aku pergi dari Samarinda.

Dimulai hari pertama aku datang, awalnya ada rasa takut karena teman yang janji menjemput berhalangan jadi ga bisa menjemput. Setelah aku landing, yang pertama membuat aku kagum adalah perubahan besar BANDARA SEPINGGAN yang jadi keren banget !
Source: google
Very fancy !!!
Setelah kagum-kaguman sebentar aku langsung menuju travel yang kata kakakku aman yaituuuu Kangoroo.
Perjalanan 2 jam ngga berasa akhirnya aku sudah tiba di kota Samarinda. Kesan pertama walaupun makin banyak bangunan baru tapi aku rasa ngga berubah banyak seperti kata temen-temenku.

Hari-hari selanjutnya aku cukup keliling ketemu dengan teman-teman lamaku. Terutama teman-teman SMA yang sering nangis-nangisan bareng waktu sekolah dulu. Hasilnya pun pas baru ketemu kita semua histeris dan nangis lagi :)

Pergi ke Samarinda juga aku sudah menyipkan list oleh-oleh apa yang akan aku beli. Dari tas manik-manik buat aku sendiri, sampai bahan batik untuk temanku yang orang jepang.
Nama tempat yang aku tuju untuk beli oleh-oleh adaah Citra Niaga
Source : google
Konon disini harganya lebih murah daripada ditempat lainnya karena ini semacam pasar yang memamng pusatnya kerajinan khas Samarinda. Jadi harganya pasti saling bersaing.
Jadi kalau mampir ke Citra Niaga dateng aja ke toko SOUVENIR SABNA (H. Warsono)  harganya bisa ditawar dan barang-barangnya belum tentu ada di toko lainnya.
Note : Ini adalah hiasan kepala/mahkota kepala suku Dayak dan ini bener-bener handmade jadi harganya mahal banget :( (IDR 500,000)

Dan karena ga sengaja aku datang kesana pas hari Kemerdekaan, jadi setiap tahun mereka ngadain pawai baju daerah, marching band, pawai mobil dar sekolah-sekolah atau tempat usaha. Seakan-akan seorang turis, aku rela panas-panasan bbuat nonton pawai itu.




Dan selama di Samarinda aku juga jalan-jalan ke tempat yang dulu sering aku lewatin. Salah satunya aku lewat didepan rumah yang selama 17 tahun aku tempatin. aku pikir aku bakalan nangis inget yang dulu-dulu, tapi ternyata ngga. Karena memang itu bukan "rumahku" lagi.
Aku juga sempet lewat depan rumahnya Gaban http://baladaakusigigitonggos.blogspot.com/2013/02/flasback-gaban.html biasa juga.
Yang paling menyenangkan juga aku bisa mampir disekolahku, walaupun ga ketemu gurunya karena aku hari minggu mampirnya.

Begitu juga aku ngga lupa untuk makan-makanan khas sana ; ayam goreng banjar, tahu gunting dan pentol (dibeli di bapak-bapak pinggir jalan pas pawai), dan juga pisang gapit.

Setidaknya 5 hari hampir semua yang aku targetkan bisa kesampaian. Next trip aku bakalan kosongin tas buat isi kerajinan khas Samarinda yang banyak dan kalau bisa mau ke Pampang (pedalaman suku Dayak).

Sekian cerita singkat liburan yang akhirnya kesampaian.
I hate saying goodbye, so i'll see you later...

p.s : Samarinda selalu jadi kotaku :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar